Rangkaian Lampu LED

Rabu, 20 Mei 20150 komentar

Rangkaian lampu LED adalah rangkaian yang berisikan oleh beberapa komponen LED yang disambung secara seri maupun parallel yang biasanya terdiri dari komponen tegangan input, arus listrik, LED, dan resistor sebagai penghambat arus apabila arus yang dialirkan dari sumber terlalu besar untuk ukuran LED. LED (Light Emitting Diode) adalah sejenis komponen diode semikonduktor yang akan menghasilkan ruang deplesi atau P-N junction, ketika electron dan hole mengalir kepada junction dengan tegangan yang berbeda maka electron akan melepaskan energy photonnya dikarenakan energy electron dalam tingkat yang lebih rendah. Rangkaian lampu LED sendiri telah berkembang bukan hanya rangkaian switch LED lagi, tetapi sudah dikembangkan untuk pengaplikasian sinyal logika bagi LED.

Gambar Skema Rangkaian Lampu LED
Pada pemasangan rangkaian lampu LED secara seri diusahakan sebisa mungkin untuk menggunakan komponen LED yang bertipe dan berwarna sama untuk menghindari terjadinya perbedaan tegangan maju di setiap LED. Karena apabila pada rangkaian seri maka semua komponen harus mendapatkan nilai tegangan yang sama, dan apabila nantinya terdapat perbedaan tegangan, maka dikhawatirkan ketidakstabilan tegangan yang disuplaikan oleh sumber. Factor itu akan mengakibatkan apabila tegangan yang diberikan rendah, maka nantinya ada komponen LED yang tidak mau menyala karena adanya perbedaan tegangan. Sebaliknya apabila tegangan masukkan terlalu besar dikarenakan ketidakstabilan pembagian tegangan maka akan mengakibatkan komponen LED akan rusak atau putus.

Lain halnya dengan pemasangan rangkaian lampu secara parallel, pada rangkaian LED parallel yang sangat perlu diperhatikan yaitu pembagian arus dari setiap komponen maupun percabangannya. Sama halnya dengan seri yang mempunyai ketidakstabilan pada tegangannya, maka pada parallel ketidakstabilan itu terjadi pada pembagian arusnya. Maka itulah sebaiknya kita menggunakan rangkaian campuran untuk merancang rangkaian lampu LED apabila kita ingin merancang sebuah rangkaian LED yang menggunakan system logika. Misalnya pada kasus LED berjalan kita harus benar-benar memperhatikan waktu pembagian arus dan tegangan secara merata. Untuk mengurangi terjadinya ketidakstabilan masukkan pada LED berjalan maka digunakanlah IC COUNTER yang terpasang pada rangkaian lampu LED.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian lampu LED, semoga artikel rangkaian kali ini nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Digital dan Rangkaian Inverter 1000 Watt

Sum : KomponenElektronika
Editor : Rudi Tralala

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Istana Service | Istana Service
Copyright © 2015. SERVICE ELECKTRONIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Istana Service
Proudly powered by Blogger